Pencipta Anonymous-OS Masih Misteri


Pencipta Anonymous-OS masih misteri

4empat - Sebuah kelompok hacker yang menamakan diri mereka Anonymous mengumumkan bahwa mereka telah berhasil membuat satu operating system baru untuk pengguna komputer atau laptop. Operating system yang dinamakan Anonymous-OS ini juga berisi bermacam-macam software dan alat-alat lain yang pada umumnya dipakai oleh hacker, defacer, dan cracker. Anonymous-OS ini dibuat dengan menggunakan Linux yang berbasis Ubuntu 11.10 serta Mate - variant dari Gnome 2 -. Operating system ini dapat diunduh di situs penyimpanan Sourceforge.net. Menurut Zdnet.com.au, mulai diumumkannya OS ini sampai kemarin (15/03), operating system ini telah diunduh sebanyak 4600 kali.

Menurut salah satu pembuatnya, operating system ini berisi banyak tools unik seperti Low Orbit Ion Cannon (Denial-of-Service), John the Ripper (Password Crackers), atau Havij (Automated SQL Injection). Untuk tools lain yang masih dikategorikan kelas bawah, nampaknya tidak akan ditemukan di dalam operating system ini, karena pembuatnya mengatakan tools tersebut hanya mainan anak-anak. Agar bisa tetap menjalin komunikasi dengan sesama hacker, defacer, atau cracker, operating system ini juga dilengkapi dengan XChat IRC dan Pidgin Instant Messenger. 

Pengguna operating system ini tidak akan bisa 'berselancar' secara misterius atau tak terdeteksi apabila menggunakan browser umum. Agar dapat menjadi 'tidak terlihat', pencipta operating system ini menyarankan agar penggunanya mengunduh browser Tor.

Sampai sekarang masih belum diketahui siapa pembuat operating system ini. Dalam account Tumblrnya, si pencipta operating system ini tidak memasang foto atau apapun sebagai identitas dan hanya menuliskan pesan "Operating system ini diciptakan hanya untuk tujuan pembelajaran serta untuk menguji tingkat keamanan website. 

Belum genap sehari operating system ini diluncurkan, group Anonymous yang sebenarnya membuat suatu pernyataan bahwa operating system tersebut berisi Trojan. Mereka juga mengatakan bahwa operating system tersebut bukanlah ciptaan mereka. Bahkan, banyak pengguna operating system ini yang mengaku kecewa setelah mengunduh dan menginstallnya di komputer atau laptop mereka. Dalam hitungan jam saja, account Twitter Anonymous, @Anonops, mendapatkan banyak sekali mentions. Rata-rata mereka mengatakan bahwa operating system ini palsu dan terdapat banyak malware serta Trojan di dalamnya.

Kembali pihak Anonymous menjelaskan melalui account Twitternya bahwa operating system tersebut bukanlah ciptaan mereka, sistem operasi tersebut hanyalah ciptaan orang yang tidak bertanggung jawab dan mengatasnamakan Anonymous. "Dalam dunia kita, Linux dan open source, tidak pernah sekali pun diciptakan sesuatu yang dinamakan virus", jelas Anonymous dalam Twitternya seperti yang dikutip oleh Eweek.com. "Jangan samakan Linux dengan operating system lain. Di dunia Linux tidak ada yang namanya Trojan!", lanjutnya.
sumber

Artikel Terkait

Previous
Next Post »