Inikah Cincin Lord Of The Ring Yang Sesungguhnya?


Inikah cincin Lord of the Ring yang sesungguhnya?

4empat - Sebuah cincin emas peninggalan kerajaan Romawi ditengarai sebagai cincin yang menginspirasi J.R.R Tolkien untuk membuat cincin milik Sauron di film The Lord of the Rings dan The Hobbits.
Britain's National Trust dan Tolkien Society memamerkan cincin tersebut dalam pagelaran untuk fans J.R.R Tolkien dan membiarkan fans yang menilai sendiri apakah cincin tersebut kemungkinan memang cincin yang menginspirasi Tolkien.

Cincin tersebut ditemukan di sebuah tempat bekas kota Romawi kuno di Inggris pada tahun 1785. Di permukaannya terdapat ukiran kata "Senicianus live well in God" disertai gambar Dewi Venus di depannya.

Memiliki berat sekitar 12 gram dan besar di atas rata-rata, cincin tersebut dipercaya berasal dari abad ke-4. Cincin tersebut dipercaya berkaitan dengan lempengan kutukan yang ditemukan secara terpisah pada kuil Romawi untuk Dewa nodens di Gloucestershire. Dalam lempengan tersebut diceritakan bahwa seorang pria bernama Senicianus telah mengambil cincin tersebut. Kemudian Silvianus, sebagai pemilik cincin, memohon pada Nodens untuk memberikan kutukan pada cincin tersebut hingga dikembalikan ke kuil.

Seorang arkeolog yang mengetahui kaitan cincin dan kutukan tersebut meminta Tolkien, yang saat itu bekerja sebagai profesor Anglo-Saxon di Oxford University untuk membantunya menggali nama Nodens tahun 1929.

Tolkien juga telah mengunjungi kuil tersebut beberapa kali. Bisa jadi cerita mengenai kuil dan cincin kutukan tersebut kemudian menginspirasi Tolkien untuk membuat The One Ring, yang digunakan untuk menguasai raja-raja.

"Sangat menarik untuk melihat bukti fisik, cincin yang menginspirasi Tolkien untuk membuat ceritanya," ungkap Lynn Forest-Hill, staf pendidikan di Tokien Society, seperti dilansir oleh US News (02/04).

Cincin emas kuno tersebut dipamerkan di The Vyne mulai hari Selasa. Setelah melihat cincin tersebut, apakah Anda juga berpikir bahwa Tolkien terinspirasi olehnya?
sumber

Artikel Terkait

Previous
Next Post »