BionicOpter, Robot Yang Dikendalikan Smartphone


4empat - BionicOpter adalah robot berbentuk seperti capung yang menarik. Robot yang dikembangkan oleh perusahaan listrik milik Jerman, Festo, memiliki empat sayap di samping kerangka serat karbon yang ditutupi oleh membran poliester dan dapat berputar hingga 90 derajat dari posisi horizontal.

detail berita
Masing-masing sayap itu memiliki lebar 24,8 inci atau sekira 63 centimeter dan panjang tubuhnya mencapai 12,3 inci (sekira 44 centimeter). BionicOpter memiliki berat yang sangat ringan yakni hanya 175 gram saja.

Dilansir Gizmag, Senin (1/4/2013), komponen inti dari robot capung ini adalah microcontroller ARM yang dapat mengkalkulasi semua parameter, yang berkaitan satu dengan lainnya agar dapat melakukan penyesuaian mekanik dari sensor.

Robot ini dapat melayang di udara, manuver ke segala arah, dan meluncur menggunakan sayapnya. BionicOpter dapat mengepakkan sayapnya antara 15 sampai 20 Hz. Selain itu juga, dapat dikendalikan melalui pemancar spektrum milik smartphone atau digital dengan menggunakan nirkabel hingga 2,4 GHz.

Pihak Festo mengatakan bahwa BionicOpter tidak perlu miring ke depan untuk dapat bertransisi dan terbang melayang seperti helikopter.
sumber

Artikel Terkait

Previous
Next Post »