Mari Mengenal Si "Roda Panas" Hot Wheels



Penampakan Mobil Hot Wheels dengan detil yang mengagumkan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
Apa itu Hot Wheels?

Hot Wheels adalah mainan/replika mobil berbahan metal (Diecast) yang diproduksi oleh perusahaan mainan Mattel.inc Amerika Serikat. Sejak tahun 1968, yang juga memproduksi mainan jenis Matchbox yang telah lebih dulu masuk keIndonesia pada tahun 1970-an.
Sejarah Hot Wheels

Hot Wheels ditemukan pada tahun 1960 oleh Mr Elliot Handler, sebelumnya ia telah mendirikan sebuah perusahaan yaitu Mattel bersama istrinya Ruth Handler yang merupakan pencipta Barbie. Mattel sendiri adalah perusahaan yang memproduksi Matchbox, yang merupakan pendahulu Hot Wheels. Seri pertama mobil-mobil tersebut diluncurkan pada tahun 1968 dengan model-model seperti Corvette, Cougar, Barracuda, Firebird, Mustang, Volkswagen, dan sebagainya. Melihat kesuksesan seri pertama, Mattel memproduksi seri kedua yang diluncurkan pada tahun 1969. Dan Hot Wheels terus berkembang hingga sekarang dengan berbagai varian produk yang menjadi buruan para kolektornya.
Hot Wheels masuk di Indonesia pada tahun 2002, peluncurannya disemarakkan dengan track permainan terpanjang di Asia (200 meter). Pada tahun itu pula telah berdiri perkumpulan kolektor Hot Wheels Indonesia. Namun sayangnya perkumpulan tersebut saat ini sepertinya sudah tidak aktif, saat saya kunjungi situs mereka tidak tercantum agenda kegiatan dalam beberapa tahun terakhir.
Keistimewaan Hot WheelsSaya tertarik dengan Hot Wheels (HW) terutama karena desain dan detailnya yang mengagumkan. Dengan ukuran hanya berkisar 6 sampai 7 cm, tiap model memiliki feature yang sama dengan mobil sesungguhnya dan terlihat sama mewahnya. Harganya? harga resmi di Jakarta setahu saya Rp. 15.000,- namun yang paling murah pernah saya beli adalah Rp. 18.000,- Di kota-kota luar Jawa harga tersebut naik lagi hingga dikisaran Rp. 24.000,- Mahal? Mungkin menurut anda, tapi percayalah Hot Wheels memiliki kualitas yang sangat baik.
Anda yang memiliki anak laki-laki mungkin sering membelikan mobil-mobilan pada anak anda. Begitu juga saya, dari harga Rp. 5.000,- sampai dengan termahal Rp. 300.000,- berapa lama mainan tersebut bisa bertahan? Umumnya mainan anak saya hanya bertahan tiga hari, setelah itu biasanya tidak dapat lagi dimainkan J Kecuali mungkin model remote control, itupun saya harus ekstra ketat menjaganya. sejauh ini saya baru punya 4 buah mobil Hot Wheels. karena masih belum mampu beli untuk koleksi, maklum masih mahasiswa.. :p
 
Berbeda dengan Matchbox yang hanya dianggap pajangan, HW bisa anda mainkan pada track-nya. Dan anda bisa merancang sendiri track tersebut atau membeli track yang memiliki tema. Dan yang membuat saya ketagihan adalah saat hunting model-model tertentu yang termasuk dalam seri T-Hunt dan Treasure Hunt. Seri TH memiliki keunggulan yaitu produksinya yang dibatasi dan keistimewaan pada produknya, entah itu cat khusus, model khusus atau bahkan yang memiliki ban karet. Yang terakhir bisa dibilang yang paling istimewa dan paling mahal, terutama jika yang menjual mengerti tentang Hot Wheels. Saya pernah menemukan TH dengan ban karet dijual Rp. 150.000,- di ITC Cempaka Mas, disalah satu situs bahkan ada yang menawarkan enam model HW dengan ban karet seharga satu juta rupiah!
 





Hot Wheels VS Matchbox

 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
Hot Wheels DiIndonesia
Di Indonesia, Hot Wheels masuk pada tahun 2002, peluncurannya disemarakkan dengan trek permainan terpanjang se Asia (200 meter), yang rekornya diakui olehMURI. Bahkan sejak 2002 pula, telah berdiri perkumpulan kolektor Hot Wheels Indonesia.

Salah Satu Mainan Termahal Didunia!!
Selain asik untuk dikoleksi, Hotwheels dan Matchbox juga merupakan salah satu mainan termahal didunia! tentunya yang edisi khususnya saja, bukan semuanya kok.. hhe.. cekibrot..

Hotwheels diamond





Mobil Hotwheels termahal berlapis permata

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Mobil Hot wheels ini diproduksi dengan dilapisi emas 18k dan diamond sebesar 23 karat. Mobil ini dilelang di Bonhams dengan interval nilai lelang yang cukup besar. Mobil ini sendiri dirancang oleh Otto Kuhni.
* Auction House: Bonhams & Butterfields
* Auction Date: October 2008
* Size: 77mm long by 31mm wide
* Pre-Auction Estimate: $10,000 - $20,000 USD
Matchbox





Matchbox Sea Green Sedan/ Opel Diplomat 1966

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Mainan mobil ini ( Sea Green Sedan/ Opel Diplomat 1966 ) merupakan mainan mobil matchbox yang cukup langka untuk dicari para kolektor. Dihargai sekitar $ 9,000 dan merupakan mainan yang cukup mahal untuk ukuran mobil kecil. Apabila kita membelinya pada saat mobil diproduksi, cuma dihargai 48 cent
Harga : $ 9,000 USD

Artikel Terkait

Previous
Next Post »