Kesalahan Umum Para Gitaris Pemula

Yang ingin saya bahas di sini adalah gitaris yang berlatih secara otodidak, tanpa pembimbing. karena saya sering menemui gitaris yang menurut saya banyak kesalahan. kalo saya sendiri mungkin kurang tepat jika disebut gitaris. Semoga artikel ini bisa membuka mata para gitaris, terutama yang ingin terjun ke major label.
Inilah beberapa kesalahan gitaris tersebut:
 
1. Tidak mengerti nada (notasi)
Dari mulai nada dasar sampai nada apa yang dimainkannya biasanya gak tau, taunya cuma kunci (juga tak tau susunan nadanya). Itu yang bikin repot, kalo berurusan dengan gitaris yang buta nada. Saya sering menjelaskan pake nada, gak tau posisi gitar. Apalagi kalo berurusan dengan notasi balok, banyak yang gak bisa.
 
2. Melupakan seni
Banyak para gitaris yang mengejar speed, teknik gitar dll. Mereka melupakan seni gitar itu sendiri, speed cepat, teknik banyak, tapi mana soulnya?
Musik adalah hiburan/entertainment, so berikanlah hiburan kepada audience. Untuk mengukur apakah kita sudah menghibur, coba bermain gitar di depan orang yang gak ngerti gitar, coba liat responnya.
 
3. Melupakan pendengar Sebagian besar pecinta musik itu bukan pemain musik lho. Banyak gitaris yang membuat musiknya cuma untuk pemain gitar, itu satu bentuk ego yang kurang perlu menurut saya.Sebagian besar pendengar itu suka musik yang easy listening.
 
4. Speed dan Teknik
Cuma itu yang dipelajari, trus main apa kalo gak tau nadanya
 
5. Gear dan Equipment
Gitar dan peralatannya yang dibanggakan, seharusnya malu kalo gak punya karya.
 
Hal yang perlu diperhatikan menurut saya:
1. Main gitar itu untuk menghibur (Bukan balapan gitar)
2. Sekarang udah tahun 2012 bukan tahun 80an dimana musik speed metal masih melanda.
3. Tunjukan karyamu bukan skillmu
Itulah alasan mengapa di video gitar saya gak ada yang main speed. Karena gitaris yang baik bukan berarti yang mampu memainkan seribu lagu dengan sempurna, tapi yang bisa membuat karya apa adanya yang bisa didengarkan oleh ribuan orang.
Masalah gear, aku pake sembarang gitar, pake senar dan peralatan lain yang murah. Efek gitarpun gak pake meski saya punya, biasanya saya memakai Steinberg AmpSimulator bawaan nuendo, itu efek standar banget. Saya ingin menunjukan karya sederhana, bukan untuk balapan gitar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »