Ini Foto Pertama Yang Diunggah Ke Internet

Les Horribles Cernettes, foto pertama yang dimuat di internet
Les Horribles Cernettes, foto pertama yang dimuat di internet

Internet mencatat sejarah pemuatan foto pertama ke dalam jaringannya. Foto pertama yang diunggah ke internet ini berusia 20 tahun pada 18 Juli 2012. Foto ini merupakan gambar kelompok musik bertema parodi, Les Horribles Cernettes. Anggota kelompok musik ini semua perempuan. Kelompok musik pop ini menyebut dirinya "satu-satunya Band Rock Energi Tinggi". 

Sebelum CERN menghebohkan dengan "partikel Tuhan" Higgs Boson, mereka "mendirikan" kelompok musik komedi ini. Band ini dibentuk dari kumpulan sekretaris dan pacar ilmuwan CERN di laboratorium CERN, Jenewa, Swiss. Les Horribles Cernettes didirikan pada 1990 oleh Michele de Gennaro, seorang desainer grafis di CERN. Dia terlibat hubungan asmara dengan ilmuwan fisika di sana.
Fotografer band ini yakni Silvano de Gennaro. Dia juga menulis lagu dan berperan sebagai musisi pendukung ketika band ini harus tampil di panggung. Pria ini kini telah menikah dengan salah satu perempuan dalam band itu. 

Berawal dari komedi, aksi Cernettes menjadi tonggak sejarah di internet. Mereka merupakan subyek eksperimen pertama pemuatan gambar di web.

"Pada 1992, setelah mereka tampil di Festival Hadronic CERN, kolega saya Tim Berners-Lee meminta beberapa foto 'gadis CERN' yang sudah dipindai (scan). Dia ingin memublikasikannya pada sistem informasi yang baru diciptakannya, bernama 'World Wide Web'. Saya tidak mengetahui dengan jelas maksudnya," jelas Silvano de Gennaro.

De Gennaro memindai foto untuk disimpan pada Mac. Dia membagi gambar ini melalui Protokol Transfer Berkas (FTP), protokol internet untuk pengiriman file komputer antarjaringan. Gambar ini dikirim untuk situs Tim yang kini dikenal sebagai "info.cern.ch".   

Gambar ini dibuat seolah-olah foto promosi band ini. Foto ini diungguh dalam format file GIF. Situs resminya tidak mengalami perubahan semenjak diluncurkan pada 1992. Dalam situsnya, Cernettes menjelaskan mereka berbeda karena menjadi band pertama yang dimuat di internet.
"Ketika sejarah terjadi, Anda tidak sadar ada di dalamnya," ujar Silvano de Gennaro seperti dilansir dari Huffington Post. 

Ketika mengunggah foto ini, mereka mengalami sedikit kendala memuatnya ke web. Data tanggal tepatnya foto ini diunggah tidak bisa tercantum. 

"Gambar ini ada dan menghilang di web selama beberapa bulan. Hingga suatu hari antarmuka format GIF sudah dapat berjalan dengan baik. Foto ini akhirnya bisa tersimpan di server dan dapat diakses ketika orang lain menjelajah internet," terang Gennaro. 

Keberadaan band perempuan ini telah menjadi lelucon yang dipahami antara ilmuwan. Mantan anggota Cernette, Colette Marx-Nielsen mengatakan kepada Vice, penemu World Wide Web, Tim Berners-Lee kadang berdandan ala perempuan dalam pertunjukkan opera komunitas. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »