Home | Sitemap | Privacy Policy | Contact | About Us
| Pasang Iklan

10 Alat Musik Aneh Band Rock Dunia

Jumat, 01 Juni 2012

Bagikan ke :
Musik Rock 'n Roll, tentu sangat banyak penggemarnya. Dan memiliki atau menjadi anggota band adalah mimpi banyak orang juga, khususnya anak muda. Musik Rock kadang memberikan warna musik yang aneh namun enak di dengar oleh para penggemarnya. Bukan tidak mungkin memang mereka melakukan riset atau eksperimen untuk menggunakan alat-alat yang memang memiliki suara khas atau berbeda. Untuk memberikan efek yang bermanfaat bagi lagu karya ciptanya. Bukan tidak mungkin hal ini menambah cepat tenar lagu rock tersebut.
Ini dia 10 alat musik aneh pada lagu-lagu rock tenar:


1.Gergaji Mesin

Band Jackyl, dengan gitarisnya Jeese James Dupree, menggunakan alat ini pada tahun 80an untuk memperkaya musiknya dalam lagu 'The Lumberjack'. Sesuai lagu tersebut memang dia menggunakan gergaji mesin, karena lumberjack artinya adalah pencari kayu. Dan sangat aneh memang karena gergaji mesin adalah sama sekali bukan alat musik )  

2.Ocarina

Ocarina suaranya memang seperti flute, namun berbeda, flute nada resonansinya bisa lebih panjang. Ocarina tidak begitu, dengarkan saja sendiri di lagu 'Wild Things' karya The Troggs.Video, ocarina pada lagu 'Wild Things' karya The Troggs:

3.Theremin

Theremin adalah hasil penemuan Leon Theremin pada tahun 1930. Theremin adalah alat musik di dunia yang bisa dimainkan tanpa harus memencetnya. Alat ini menggunakan kekuatan telekinetik, bentuknya hanya berupa kotak dengan dua antena.Cara mainnya hanyalah dengan memainkan jarak antara tangan pemain musik dengan alat ini. The Beach Boys menggunakan alat musik ini namun dalam cara yang berbeda karena tidak menggunakan antena yang ada di sebelah atas kotak Theremin.Video The Beach Boys menggunakan theremin dalam lag "Good Vibrations" pada tahun 1967:

4.Sendok

Sendok ternyata digunakan dalam alat instrumen gebuk-gebukan, atau perkusi. Cara penggunaannya adalah dengan memegang dua sen dok sedemikian rupa hingga ada suara klik ketika anda mengetukkannya pada bagian alat yang lainnya.Jika belum percaya akan kompleksnya hasil suara yang dihasilakan silahkan lihat videonya. Lagu 'Soundgarden' ini diinspirasi oleh pemusik asal Seattle yang disebut 'the Spoonman' yang memainkan musiknya dengan sendok. Suara sendok yang terdengar adalah asli dimainkan oleh Spoonman. Karena para anggota Soundgarden tidak ada yang mengetahui bagaimana cara memainkan sendok.

5.Bagpipes

Alat ini adalah alat musik orang Skotlandia yang asik, kalau sekarang mungkin sudah banyak yang terinspirasi dengan seperti The Corr. Namun karena ini musik rock maka akan teringat dengan raungan musik AC/DC yang menyertakan alat musik Bagpipes ini dalam lagu 'It's A Long Way to the Top (If You Wanna Rock N' Roll)'.Dalam video diperlihatkan ketika band AC/DC berparade di kota dan ada 3 orang dengan Bagpipes di belakangnya yang ikut mengiringi musik. Namun kadang di video at au di panggung, Bon Scott memainkan alat ini, jadi Bon Scott benar-benar menguasai bisa memainkan alat musik Bagpipes.

6.Biola Elektrik

Biola secara umum digunakan dalam orkestra musik klasik. Namun tidak ada salahnya genre musik lain untuk menggunakannya. Namun ketika harus dimatchingkan dengan musik Rock n' Roll, rasanya memang keren abis. Band besar 'The Who' di jaman dahulu kala adalah band yang paling keras di saat itu. Jadi untuk menggunakan biola agar serasi dan seimbang kerasnya, mereka pada waktu itu menggunakan elektrik biola, agar suaranya bisa meraung-raung.Saat 'the Who' memainkannya di panggung secara live, Roger Daltrey, sang vokalis, memainkan harmonika juga, namun dapat didengar jelas bahwa itu adalah biola ketika mendengar lagu tersebut pada versi rekaman studio. Mungkin karena the Who tidak memiliki pemain elektrik biola yang full time menjadi anggota band. 

7.Melodika

Melodika atau malah seperti yang seperti dikenal di sini namanya Melodion, entah apa bedanya kenapa mereka menamakannya Melodica. Melodica adalah campuran antara keyboard, flute dan harmonika.Memainkannya dengan meniupnya di mulut dan memencet tuts keyboardnya. Dengan cara ini maka alat musik melodika ini akan dapat memainkan not-not yang spesifik diinginkan.Melodica terdengar dalam lagu 'Champagne Supernova' yang dinyanyikan Oasis dan Cake pada lagu 'The Distance' 


8.Maracas

Maracas atau gampangnya Marakas adalah salah satu jenis alat musik di Amerika Latin. Secara tradisional alat ini dibuat dengan labu kering dan isinya adalah biji-bijian labu kering juga, memainkannya dengan cara menggoyangkan- goyangkannya sesuai dengan irama musik.Maracas terdengar dalam lagunya Rolling Stones yang berjudul "You Can't Always Get What You Want".Rolling Stones mungkin memikirkan bahwa perkusi masih kurang untuk melengkapi musiknya, karena beberapa marakas di miks secara baik daam lagu-lagunya. Dalam pentas-pentas atau video resmi Rolling Stones tak terlihat anggota band yang memainkan maracas namun jika di dengar lebih jeli, maracas ini jelas ada dalam lagu the Rolling Stones.

9.The Glockenspiel

Nah, bentuknya Glockenspiel ini mirip seperti gamelan, namun mirip juga dengan kulintang di Indonesia. Menurut Thom Yorke, alat yang mirip harpsichord ini tidak umum digunakan dalam musik klasik dan apalagi kalau di musik rock, tentu tidak akan menggetarkan dada raungannya. Alat ini pada dasarnya adalah sebuah xylophone yang terbuat dengan baja metal.Glockenspiel terdengar di lagu "No Surprises" karya Radio Head.Dengarkan dengan cermat, karena mungkin akan terlewatkan, alat ini memberi noise pada pitch yang tinggi. Suaranya sederhana namun memiliki pengaruh pada atmosfir musik, yang membuatnya menjadi sangat melow dan mistis.

10.Harpsichord

Harpsichord ini sepintas terlihat seperti piano, namun suaranya sangatlah berbeda. Piano memberi musik dengan ketukan string dengan memukulnya, harpsichord memunculan suaranya dengan mencomot strings di dalamnya. Suaranya terdengar cukup aneh. Alat musik ini biasanya dimainkan pada tahun 1700an dengan pemainnya yang menggunakan wigs ala orang Prancis di jaman dahulu kala.Harpsichord terdengar pada lagu rock "Too Afraid To Love You" oleh The Black Keys.Lagu yang diawali dengan gebukan drum, namun suara keyboard lantas digantikan dengan harpsichord. Lagu rock ini kombinasi suaranya sangat menarik dan tak mudah dilupakan.
sumber
Bagikan :

0 comments:

Poskan Komentar

Daftar Menu